Kamis, 03 Januari 2013

PASAR TANAH ABANG



PASAR TANAH ABANG
Tanah Abang merupakan salah satu wilayah yang cukup tua di Jakarta.banyak sekali arti dari kata tanah abang itu sendiri. Salah satunya cerita yang ada yaitu berawal  saat penyerangan Kota Batavia oleh pasukan Mataram pada tahun 1628. Serangan dilancarkan ke arah kota melalui daerah selatan, yaitu Tanah Abang. Tempat tersebut digunakan sebagai pangkalan karena kondisinya yang berupa tanah bukit dengan daerah rawa-rawa dan ada Kali Krukut di sekitarnya. Karena tanahnya yang merah, maka mereka menyebutnya "tanah abang" yang dalam bahasa Jawa berarti merah.

            Pada tahun 1955 daerah selatan kemudian muncul menjadi daerah perkebunan yang diusahakan oleh tuan tanah orang Belanda dan Cina. Jenis perkebunan yang diusahakan antara lain kebun kacang (minyak kacang merupakan bahan komoditi yang laris), kebun jahe, kebun melati, kebun sirih, dan lainnya yang kemudian menjadi nama wilayah sampai sekarang. Karena melimpahnya hasil-hasil perkebunan di daerah tersebut mendorong Justinus Vinek untuk mengajukan permohonan mendirikan sebuah pasar di daerah Tanah Abang dan Senen. Setelah mendapat izin dari Gubernur Jenderal Abraham Patras pada tanggal 30 Agustus 1735, Vinck membangun dua pasar, yaitu Pasar Tanah Abang dan Pasar Senen. Peranan Kali Krukut pun makin penting sebagai tempat berlabuhnya perahu yang memuat barang-barang yang akan djual ke Pasar Tanah Abang. Selain digunakan sebagai sarana transportasi, Kali Krukut juga digunakan untuk keperluan sehari-sehari penduduk. Untuk menjaga kebersihan dan mencegah banjir, Pemerintah Belanda membuat pintu airpada tahun 1917. Di bawah kekuasaan penjajah penduduk Tanah Abang juga tidak tinggal diam. Pernah terjadi pertempuran antara pasukan Belanda dengan penduduk daerah Tanah Abang di Kampung Karet dekat kuburan. Waktu itu Belanda mencoba menduduki kantor cabang polisi supaya Tanah Abang terputus hubungannya dengan daerah-daerah lain.

            Pasar tanah abang berlanjut sampai sekarang.di sana kita bisa membeli pakaian dan lain-lain dengan harga yang murah dan juga bisa membeli barang dengan grosiran.bukan hanya baju yang hanya di jual di sana banyak sekali barang barang yang lainnya yang di jual disana.apabila kita membeli barang yang cukup banyak dan kita tidak mampu membawanya,disana ada tukang panggul atau tukang pembawa barang yang siap membantu membawa barang barang kita sampai ke kendaraan yang ingin kita naiki.sayangnya jalanan di depan pasar tanah abang terkadang suka macet,itu di karenakan banyaknya pedagang pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan.sebenarnya tidak di benarkan berjualan di pinggir jalan atau ditrotoar karena itu adalah hak untuk pejalan kaki dan pengendara.itu karena harga sewa ruko atau tempat di dalem gedung  cukup mahal menjadikan para pedagang lain menggelar dagangannya di pinggir jalan.mudah-mudahan pemerintah bisa memberi tempat yang lebih nyaman selain di pinggir jalan atau di trotoar supaya jalan di depan pasar tidak macet.karena pasar tanah abang merupakan salah satu pasar grosir terbesar dan murah yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar