Tugas Softskill 1
Nama : Apriatna
dwi pangga
Npm : 58412233
Kelas : 3 IA 25
Judul :
Pendahuluan Desain Pemodelan Grafik
1. Apa
itu desain ?
Desain
merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau
struktur. Kemudian, kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun
kata kerja. Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan
rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi. Desain dikenakan pada bentuk
sebuah rencana, dalam hal ini dapat berupa proposal, gambar, model, maupun
deskripsi. Jadi dapat dikatan, desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu.
Desain lahir dari penerjemahan kepentingan, keperluan, data maupun jawaban atas
sebuah masalah dengan metode-metode yang dianggap komprehensif, baik itu riset,
brainstorming, pemikiran maupun memodifikasi desain yang sudah ada sebelumnya.
2. Apa
itu pemodelan grafik ?
Pemodelan
Grafik adalah
suatu proses penciptaan suatu objek yang baru dengan menggunakan software
aplikasi yang dilalui beberapa tahapan yaitu : membuat, menyimpan, dan
memanipulasi model dan citra.
3. Apa
itu desain pemodelan grafik ?
Desain
Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat
sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat
seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer.grafika
computer bukan hanya permodelan 2D saja yang hanya menggambarkan sebuah
penggambaran tampak depan,namun ada pula permodelan 3D yang lebih terlihat
seperti nyata.
4. Sejarah
desain pemodelan grafik ?
Kata
Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul
New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison
Dwiggins, seorang desainer buku Amerika. Raffe’s Graphic Design, yang
diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan
istilah Desain Grafis pada judulnya “The signage in the London Underground”
adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang
dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916. Desain grafis pada awalnya
diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai
tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan
dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau
desain multimedia.
5. Prinsip
dan Unsur
Unsur
dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya.
Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form),
tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain
visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme
(rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan
kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang
lebih luas.
6. Peralatan
desain pemodelan grafik
Peralatan
yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar
tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai
sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop
publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis
memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan
penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah.
Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari
tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta
atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu
menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan
sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya
ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan
atau komputer.
7. Desain 2D
dan 3D
a. Grafik
komputer 2D
Grafik
komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang
kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan
kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar
digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen
ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi,
seperti translasi, rotasi, dan dilatasi.
Cara yang
paling mudah untuk membuat sebuah gambar 2D kompleks yaitu dimulai dengan
sebuah "canvas" kosong yang diisi dengan warna latar tertentu, yang
kemudian kita "draw", "paint", atau "paste" suatu
warna kedalamnya, dengan urutan-urutan tertentu. Intinya, kanvas tersebut
merupakan "frame buffer" atau bayangan dari layar komputer.
Model-model
yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk
tiga dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan,
bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat
membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang
dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan
dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Banyak GUI
(Graphic User Interface) yang berbasiskan model grafis 2D. Software-software
yang mendukung GUI dapat menciptakan "keadaan visual" dalam
berinteraksi dengan komputer, sehingga para pengguna tidak selalu harus melihat
tulisan. Grafik 2D juga penting bagi kendali peralatan-peralatan semacam printer,
plotter, shredder, dan sebagainya. Mereka juga digunakan pada beberapa video
dan games sederhana seperti solitaire, chess, atau mahjong.
b. Grafik
Komputer 3D
Grafik 3D
merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan
bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar.
Proses
pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling
yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang
mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang
memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah atau
Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang
memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
8. Software Pendukung Desain Grafik
* Desktop publishing
* Adobe Photoshop
* Adobe Illustrator
* Adobe Indesign
* Page Maker
* Coreldraw
* GIMP
* Inkscape
* Adobe Freehand
febryansyahhhydro.blogspot.com/2014/10/desain-pemodelan-grafik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar